INFO SPARE PART

Info Spare Part Sepeda Onthel Gazelle

gir depan gazelleSepeda yang spesifik akan “mencerminkan” sepeda dari periode tertentu. Hal seperti inilah yang dapat membantu untuk menentukan tahun produksi dalam proses restorasi dari sepeda model lama, untuk dinikmati keistimewaannya.

Sebelum tahun 1931 setir, pedal, gear, tiang sadel, cups (mangkok), baut, mur dan pelek dibuat dari bahan nikel. Mulai tahun 1931 (seri 4) dikenal proses pelapisan krom dan Gazelle mengembangkannya sendiri di semua produksinya.

Frame

Frame Gazelle selalu disebutkan dalam katalog, dengan variasi ukuran 20”, 21”, 22”, 23”, 24”, 25” dan 26” untuk anak-anak 20” dan 18”.

Roda

Roda selalu dipasok dalam ukuran 28 x 1,5 inch, kecuali pada sepeda sport (28 x 1⅜) dan untuk produk model anak-anak roda 24” dan 26”.

Bagasi

Pada tahun 1915 untuk pertama kalinya dikenalkan rak-bagasi sepeda. Mulai dari tahun 1927 (seri 2) selain warna hitam, tersedia warna abu-abu, hijau tua dan merah tua sebagai opsi dengan penambahan biaya.

Velg

Velg, hingga tahun 1917 model tertentu berbahan kayu,model standar berbahan baja yang di pernis hitam, tahun 1922-1934 (seri 2-4) velg almunium ‘Roman’ dipasang di sepeda yg lebih mahal, selebihnya berbahan nikel-baja tahan karat.

Hub Roda

Hub roda, diawal tahun produksi dilengkapi model doortap bermerk Rotax sejak tahun 1908, sejak 1916 tersedia juga merk Torpedo dan Sturmey Archer.

Era 1930an Hub buatan merk “Gazelle” dikembangkan. Tahun 1930-1965 Hub perseneling mengembangkan produksi sendiri ‘Gazelle’.

gazelle rear gear hub

Sistim Gotri

Sistem Gotri pada Bracket dipelopori Gazelle sejak 1912 pada model 12.

Pedal

Pedal buatan Gazelle boleh dipilih sebagai opsi, model pedal warna putih jadi opsi utama untuk sepeda wanita dan hitam untuk sepeda laki-laki (merk lain yang dipakai sebagai opsi : Pyramid, Master, J.RC, Union, Philips. Jhon bull, Wehry, herup)

Sadel

Sejak 1920an Sadel Gazelle di cetak dan di pasok oleh Lepper hingga tahun 1940, setelah itu tahun 1945an disediakan banyak opsi pilihan juga seperti merk Terry dan berbahan mulai variasi, bukan hanya berbahan kulit, plat metal bertuliskan Gazelle pun dimulai di era ini.

Kunci

Kunci Gazelle, hingga tahun 1924 dipasang kunci untuk stir depan, dan awal tahun 1930an, banyak opsi kunci belakang selain yang bermerk Gazelle, seperti Gelria, Ren, Geha, Agmi, Mike, Hopmi, telephone, Reo dll).

Tutup Rantai

Tutup Rantai Gazelle diperkenalkan sejak tahun 1920, yang lebih mahal berbahan kulit, dan paling mahal berbahan logam, selalu bertuliskan “Gazelle”.

Ban

Ban Gazelle hingga tahun 1930an dipasang ban bertuliskan Gazelle yang berasal dari pabrik Vredestein, kemudian selanjutnya dipakai terus menerus.

Spatboard

Spatbord ‘Gazelle’ 1920 bermodel membundar lalu sampai tahun 1970an terdapat bentuk lengkung, di spartbord depan tahun 1950-1960an dicantumkan lambang Gazelle yang di balut logam dan plastik.

Spakbor yg memakai ekor tempat stop lamp baru muncul pada gazelle nomer frame kepala 5. Namun disinyalir ada juga seri 4 sudah memakai stop lamp bentuk corong pada nomer frame 474xxx. Jeda nomer frame kepala 4 hingga 5 adalah 5 tahun, 1932-1937 (untuk 100000 sepeda) Jadi Gazellle memakai buntut di spakbornya sejak thn 1939 – seri 58xxxx.

Ketrikan Gazelle di Frame

Sebelum Tahun 1924 semua sepeda gazelle di produksi tanpa memakai tulisan Gazelle di bagian keni bagian bawah diatas garpu – hal ini dapat diketahui juga berdasarkan seri nomer frame yg di pakai yaitu sebelum dan sampai dengan nomer frame 220270 – setelah seri itu berakhir dan masuk pada produksi di tahun 1925 dgn seri frame 220271 dan seterusnya barulah sepeda gazelle yg di produksi di bagian tsb ada ketokan tulisan Gazelle.

Sebelum perang dunia ke II – tepat nya thn 1940 kebawah , tulisan gazelle dibagian tsb tdk dalam. barulah Setelah perang dunia ke II berakhir tulisan tsb di buat lebih dalam dan besar. Juga roda pengunci setang sudah tdk di pakai lagi.

Lampu

Mulai tahun 1929 Gazelle dilengkapi dengan merek lampu sendiri yaitu ELGA (Electrisch Licht Gazelle), Prico (Prima Concurrentie) dan Arco (Arentsen dan Kölling). Nama itu diberikan oleh pabrik Balaco dari Jerman; hingga akhir tahun 1950an lampu menjadi opsi tambahan, hanya bisa diperoleh dengan menambah harga lagi.

Mulai sekitar 1940 pada model yang lebih mahal biasanya disediakan lampu Nordlicht (Swiss). Lampu ini masih dipakai pada periode 1960 hingga 1980an

Mulai akhir tahun 1950 hingga awal tahun 1960 juga dipasang kepala lampu dengan tulisan Gazelle; masih buatan dari pabrik di Swiss. Mulai tahun 1936 pada model sepeda mahal disediakan lampu belakang yang disolder (buntut), yang bertahan hingga akhir tahun 1960an.

GazelleDames.wordpress.com

2 Responses to INFO SPARE PART

  1. mul says:

    Cakep bener ulasannya..~»τ̲̣̣̥н̲̣̣̣̥ά̲̣̣̣̥п̲̣̣̥к̲̣̣̥γ̲̣̣̥o̲̣̥υ̲̣̥«~ gan…

  2. BREW VAN HOUTTEN says:

    Juoss guandoss kotos2x.., matur sembah nuwun ilmunipun, mugi saged migunani tumraping liyan kitab perpitanipun. lanjut2x.. nuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s