Assembling Gazelle (Perakitan)


Gazelle Dames Mini Series 1 (Restoration)

.

Frame (Rekonstruksi, Nomer Rangka dan Pengecatan)

Yang mana sebelumnya rangka / frame ini telah di las sana-sini akibat saat Perang Dunia Pertama (1914 – 1918) frame sepeda ini patah compang-camping dilindas tank Jerman dan sekutu disaat perang dunia pertama (1914 – 1918), hancur kena hujan mortir kaleee…😀 kalo dibuang? sayang…! hehehe… :p

Frame Gazelle dames pembuatan saat Perang Dunia Pertama (WW-1) tahun 1916, setelah pengecatan, lalu di shipping ke Jakarta.

Setelah diperhatikan dan diukur ulang, terjadi kesalahan pengelasan badan frame pada batangan melengkung. Sang tukang las membuatnya melengkung sangat simetris, padahal seharusnya setengah kedepan dari batangan lengkung harusnya agak lurus kedepan.

Saat pengelasan terjadi kesalahan, fork / garpu pada bagian atasnya kurang kearah depan. Kesalahan ini terlihat justru setelah dirakit seadanya, asal berdiri diatas roda, barulah terlihat.

Akibat kesalahan pengelasan pada batangan melengkung yang aslinya sudah penyet dan patah lalu diganti dengan batangan baja baru, maka hasilnya antara dudukan kom stang dan kom sadel jaraknya agak pendek, huh..!!!😦

Kesalahan bukan hanya terjadi pada tukang las, tapi juga oleh tukang cat pada saat pengecatan. Cenilan keling yang ada dibawah hub as pedal yang berguna untuk sistim rem belakang, di gergaji..! oh my God, gila aja..!! Musibah ini terjadi justru setelah pengecatan yang sudah rapih.

Cenilan keling untuk sistim rem belakang yang ada dibawah kom hub pedal dipotong oleh si Tukang Cat yang "pintar", dan musibah ini justru dilakukan satelah pengecatan selesai, parah..!!!

Cenilan keling pada seri ini memang justru menyatu dengan rangka batangannya, bukan sistim terpisah seperti pada seri baru. Mungkin itulah yang membuatnya menjadi aneh, lalu dipotong. Namun pertanyaannya, kenapa dipotong justru pada saat setelah pengecatan? Aduh… jadi pusing..!

Tapi akhirnya masalah bisa diperkecil, dengan cenilan kuningan dari sepeda Gazelle seri baru yang diletakkan pada posisi yang lama.

Cenilan tersebut berguna untuk sistim rem belakang. Karena tanpa cenilan tersebut, sepeda ini tidak akan bisa dipasang rem belakang yang orisinil

Serial Number pada sepeda Gazelle jenis tua ini sama dgn nomer urut pembuatannya, 119974. Yang artinya frame ini dibuat oleh pabrik Gazelle sejak awal dan mendapat nomer urut produksi sepeda yang ke 119.974 buah.

Kadang tipe font pada angka ketrikan tiap seri berbeda, apalagi utk jenis sepeda yg diproduksi sebelum Perang Dunia Kedua. Karena setelah Jerman berhasil menduduki Belanda, semua mesin sepeda di pabrik Gazelle dihancurkan dan membuat berhentinya produksi dan pabrik hrs membeli mesin² baru yang juga berbeda. Apalagi sepeda seri-1 ini yang dibaut saat Perang Dunia Pertama (1914 – 1918).

Pengecatan yang rapi dan detail hingga list emas pun terlihat seperti baru. Juga ketrikan aseli Gazelle, di cat ulang kembali dengan tinta emas persis seperti saat beli baroe tempo doeloe.

.

Gir Depan

Ciri khas yang tidak bisa diragukan lagi pada sepeda tua merk Gazelle terlihat pada diameter hub di gir depan sepeda tersebut. Untuk merk Gazelle seri tua terletak pada lubang hub yang jauh lebih besar dari semua merk Gazelle pada seri muda.

Ciri khas sepeda seri tua Gazelle, hub as pada poros pedal (keroncong) berdiameter lebih besar

Gir depan utk sepeda merk Gazelle tahun awal dan tua termasuk yang sangat langka di dunia dengan bacaan GAZELLE yang tercetak pada gir tersebut. Setelah itu utk seri gir depan Gazelle selanjutnya hanya menggunakan lambang “rusa loncat”, itupun bisa berharga Rp.500rb hingga satu juta rupiah bahkan lebih.

Apalagi jenis gir depan bertuliskan “GAZELLE” ini, khusus untuk sepeda Gazelle seri awal yang paling langka. Untuk harga gir depan jadul jenis tulisan Gazelle ini, bisa mencapai jutaan Rupiah, itupun tanpa kayuhan ataupun set hub tengahnya.

Warna aslinya chrome mengkilat, tp krn waktu yg sangat lama mengakibatkan agak ‘dimakan’ karat. Maka karatnya akan dibersihkan terlebih dahulu. Untuk tampilan custom dan supaya tdk dimakan karat dikemudian hari, maka gir dengan bahan baja asli ini di cat ulang agar metalnya jadi terlindungi dari lembabnya udara yg dpt menyebabkan karat.

Gantungan lampu (lamp holder) Gazelle terbuat dari bahan kuningan.

.

Gir Depan Dipasang

.

Penampakan ala kadarnya

Gazelle dames (wanita) mini seri-1, tahun pembuatan 1916, tongkrongan fork depan kemiringannya lebih besar dari sepeda Gazelle seri sesudahnya dan juga pedal yg lebih rendah dari sepeda Gazelle seri setelahnya.

Masih banyak asesoris yg belum original, selain mahal juga susah didapat utk jenis seri-1 ini, yang penting bisa jalan dulu aja deh om… udah napsong mau pake soale ^_^

SEPEDA INI UNTUK SEMENTARA TIDAK DIJUAL…

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA… ^_^

Nantikan foto-foto selanjutnya…

Test Drive Gazelle (Pengetesan)

This entry was posted in HOME (BERANDA). Bookmark the permalink.

2 Responses to Assembling Gazelle (Perakitan)

  1. Judith Tomasowa says:

    Saya juga punya Gazelle dames seri 1 (6 digit dg kepala 1). Punya saya bernomor 23329 (5 digit). Posisi frame stang sangat miring, dan frame tengah yg melengkung, memang tidak simetris bulat, lebih mirip oval. Tulisan gazelle di frame bagian depan dan nomor frame sgt halus skali.

  2. samsudinalfi says:

    mantep brooo..gazelle seri 1nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s